Bahasa Indonesia VS Bahasa Asing

Apa sih yang terlintas di benak kita tentang Bahasa Indonesia ? Saya yakin diantara kalian akan berfikiran bahasa sehari-hari, pelajaran sekolah yang membosankan, atau malah bahasa yang di miliki oleh Indonesia ? Nah lalu kalau tentang Bahasa Asing ? Apa yang terlintas ? Jawabannya tentu berbeda-beda tergantung pribadi kalian masing-masing. Namun pernah gak sih kalian sadari, atau kalian perhatikan, tidak usah jauh-jauh di sekolah saja, berapa banyak orang yang menyukai pelajaran Bahasa Indonesia dan berapa banyak orang yang suka pelajaran Bahasa Asing (Apapun itu, bahasa Inggris kek, bahasa Jerman kek, atau malah bahasa Namek haha) bisa kalian jawab mana yang paling banyak digemari antara Bahasa Indonesia atau Bahasa Asing ????

Memang tidak bisa dipungkiri, bahasa asing memang diperlukan apalagi di perangkat-perangkat teknologi yang tidak menyediakan Bahasa Indonesia, setidaknya dengan mempelajari Bahasa Asing kita menjadi mengerti sedikit. Namun bagaimana dengan Bahasa Indonesia, yang jelas-jelas Bahasa Ibu Pertiwi. Ada gak sih teman kalian di sekolah yang nilai Bahasa Asing (Khususnya Inggris) lebih tinggi dibanding dngan Bahasa Indonesia sendiri ? Saya rasa pasti ada kan haha, okelah itu tidak bisa dijadikan patokan karena bisa saja dia sedang beruntung namun tidak bisakah kita mencintai Bahasa kita sendiri Bahasa Indonesia ? Tidak bisakah kita sedikit berbangga dengan Bahasa Indonesia dan lebih memperdalamnya ? Apakah kalian lebih tertarik mempelajari tenses-tenses di Bahasa Inggris namun tidak mengetahui penggunaan kata Bahasa Indonesia yang benar ?

Memang benar, saat ini kita sedang mengalami yang namanya globalisasi, namun janganlah karena itu dijadikan alasan untuk tidak mempelajari penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Marilah kita bersama-sama mencintai Bahasa Indonesia, tidak usah susah kok kita hanya perlu belajar tentang Bahasa Indonesia dan kalau ada pelajarannya di sekolah diperhatikan dan jangan dianggap spele. Bagaimana Indonesia bisa menjadi bangsa yang besar kalau bahasanya sendiri saja tidak dihargai oleh masyarakatnya sendiri ? Padahal Bahasa Indonesia memiliki penutur yang banyak di dunia. Maka dari itu marilah kita sama-sama mencintai Bahasa Indonesia.
Jika ingin menggunakann atau mengcopy, sertakanlah nama sang pembuat karya dan blog sastra-diary.blogspot.com

16 comments

bener banget penggunaan bahasa indonesia yg baik dan benar sangat penting

Aku cinta Bahasa Indonesia :D

Iya gan setuju banget, walaupun ini adalah zaman globalisasi dan zaman MEA kita juga harus ingat bahasa asli kita yaitu bahasa indonesia dan Bahasa daerah kita masing masing, kalau nggak kita yang mengelola & mewariskan siapa lagi,keep posting gan.

Iya gan, kalau bukan kita siapa lagi seharusnya kita jangan mau kalah dengan yang lain bukannya malah terlena dengan yang lain

Indonesia itu lengkap,, tp sayang rakyatnya kurang amanah

betul banget gan , btw nice artikel

Bahasa indonesia maupun bahasa inggris mah sama - sama penting di era modern seperti sekarang ini ...

Bener tuhh ...bahasa indonesia yg baik dan benar dulu....jangan make bahasa Indonesia yg di alaykan

Memang penting gan, tapi apakah lebih penting bahasa inggris daripada indonesia ? Kenyataannya saat ini lebih banyak yang cinta bahasa inggris daripada bahasa indonesia

Iya benar masa pake bahasa inggris malu kalo salah tapi gak malu kalo salah pake bahasa indonesia

bahasa indonesia adalah bahasa ku, ,

Tapi tulisan kamu malah nggak sesuai EYD dan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Hmm.

Memang tulisan saya masih banyak yang gak sesuai dengan EYD, maklum saja saat ini saya masih kurang berpengalaman dalam hal EYD dan masih mempelajarinya

=> Gunakanlah selalu bahasa yang sopan
=> Dilarang Spam
=> Dilarang meninggalkan link aktif
=> Usahakan tidak Anonymous
=> Sebarkan Jika Suka :)